Jumat, 21 September 2012

APA ITU PALYNOLOGY


Orang awam sering tidak bisa membedakan apa itu palynology dan planology. Dalam pengucapan seringkali sulit dibedakan. Palynology adalah salah satu disiplin ilmu biology yang mempelajari tentang serbuksari tumbuhan baik yang sudah menjadi fosil ataupun yang sekarang masih hidup. Serbuk sari (alat kelamin jantan) pada tumbuhan atau dalam bahasa latin pollen (tumbuhan tingkat tinggi) dan spora (untuk paku-pakuan). Secara umum palynology dalam bidang geology disamping mempelajari fosil pollen dan spora juga mempelajari Dinoflagellata, Freshwater algae, bahakan ada ahli yang memasukan Conodont sebagai cabang palynology.
Oleh karena luasnya cakupan palynology dam Geologi maka untuk menjadi seorang Palynologist tidak cukup terjun ddalam waktu 10 tahun. Itulah yang menyebabkan palynologist di dunia atau di Indonesia khususnya sangat sedikit. Seorang palynologist tidak istilah pensun dalam pekerjaannya. Tua-tua keladi semakin tua semakin jadi asal tidak terkena penyakit pikun saja.
Blog ini sengaja dibuat sebagai forum tukar pengalaman palynologist Indonesia juga sebagai rujukan pembaca yang ingin tahu lebih dalam tentang palynology.
Kedepan akan diisi cerita tentang serbuksari yang indah dan menawan sehingga kita sangat senang untuk mengintipnya. Bekerja sebagai palynologist menjadi hoby. Selamat Membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar